15 Penemuan Arkeologi Buatan Yang Ada di Bulgaria
saedinenie

15 Penemuan Arkeologi Buatan Yang Ada di Bulgaria

15 Penemuan Arkeologi Buatan Yang Ada di Bulgaria – Tahukah Anda bahwa harta emas tertua ditemukan di Bulgaria, dan itu ditemukan secara kebetulan? Sangat sering orang biasa bekerja di kebun mereka ketika mereka menemukan harta karun berusia berabad-abad. Inilah daftar penemuan arkeologi paling menakjubkan yang dibuat di Bulgaria.

15 Penemuan Arkeologi Buatan Yang Ada di Bulgaria

Varna Necropolis dan harta emas tertua

Varna Necropolis dianggap sebagai salah satu situs arkeologi kunci untuk memahami prasejarah manusia. Ini berisi hampir 300 kuburan dengan ratusan barang emas, tembaga dan tanah liat yang ditemukan di dalamnya. Harta karun emas tertua yang diketahui dibuat oleh orang-orang dari budaya Varna ditemukan di antara benda-benda di situs tersebut, yang diyakini berasal dari tahun 4560-4450 SM.

Harta Karun Emas Panagyurishte

Salah satu temuan arkeologi Bulgaria yang paling terkenal, dan ditampilkan di banyak museum dunia, Panagyurishte Gold ditemukan oleh tiga bersaudara pada tahun 1949 dan terdiri dari sembilan bagian emas – sebuah phiale, sebuah amphora, dan tujuh rhyton dengan berat lebih dari 6 kg 24 karat emas. Harta karun itu diyakini sebagai bagian dari rangkaian upacara yang digunakan oleh beberapa raja Thracia. Harta karun itu dipajang di Museum Sejarah Nasional di Sofia.

Harta Karun Emas Valchitran

Ini adalah harta emas Thracian terbesar yang pernah ditemukan di Bulgaria. Ditemukan pada tahun 1924 oleh dua bersaudara yang bekerja di kebun anggur mereka, dan sangat menarik karena bentuk cangkir dan mangkuknya yang aneh. Para arkeolog percaya bahwa bejana itu digunakan untuk ritual yang didedikasikan untuk dewa Dionysus. Anda bisa melihatnya di Museum Arkeologi Nasional di Sofia.

Harta Karun Rogozen

Penemuan ini termasuk 165 wadah perak, beberapa di antaranya dengan emas emas. Ini dianggap sangat penting karena berbagai motif yang mengungkap kehidupan orang Thracia kuno.

Harta Karun Borovo

Satu set meja berisi lima wadah perak-sepuh dengan tulisan yang menunjukkan bahwa harta itu mungkin hadiah dari satu raja Thracian kuno ke penguasa lain. Ditemukan pada tahun 1974 saat membajak di dekat desa Borovo. Anda dapat melihat set di Museum Sejarah Rousse.

Vampir dari Sozopol

Selama penggalian musim panas di kota tepi laut Bulgaria Sozopol, sejarawan Bulgaria dan direktur Museum Sejarah Nasional Bozhidar Dimitrov mengumumkan bahwa kerangka vampir Abad Pertengahan telah ditemukan.

Alasan pernyataan ini adalah bahwa kerangka itu ditemukan dengan bagian logam bajak tertancap di dadanya – sebuah ritual yang diketahui digunakan untuk mencegah orang berubah menjadi vampir dan menjadi mayat hidup. Terlepas dari kontroversi yang disebabkan oleh pengumuman ini, Vampir dari Bulgaria menjadi berita utama surat kabar internasional. Kerangka itu dipamerkan di Museum Sejarah Nasional di Sofia.

Kompleks pemujaan dan makam Starosel Thracian

Starosel adalah sebuah desa kecil hari ini tetapi dulunya adalah tempat tinggal Thracian pada abad ke-5 Masehi. Pada tahun 2000, sebuah makam raja yang megah ditemukan di dekat desa bersama dengan beberapa hadiah bagus untuk kehidupan setelah kematian dan kuburan simbolis. Makam Starosel terbuka untuk pengunjung.

Makam Kazanlak

Sebuah makam Thracian kuno yang didekorasi dengan indah secara tidak sengaja ditemukan oleh tentara di kota Kazanlak pada tahun 1944. Seorang pria dan wanita bangsawan dimakamkan di dalamnya bersama dengan seekor kuda.

Makam itu menjadi terkenal di dunia karena muralnya yang mendetail menggambarkan kehidupan raja-raja Thracia. Pada tahun 1979, makam Kazanlak menjadi bagian dari Daftar Warisan Dunia UNESCO. Karena kondisi lukisan dinding yang buruk, salinan makam dibangun dan hanya salinannya yang dapat dikunjungi hari ini.

Makam Sveshtari

2300 tahun yang lalu, seorang penguasa Thracian lokal ingin memiliki rumah abadi yang disiapkan ketika dia memasuki alam baka. Dia meninggal sebelum semua dekorasi selesai, tetapi tubuhnya dimasukkan ke dalam makam dan gundukan tanah ditumpuk di atas makam. Baru pada tahun 1982 makam itu ditemukan dan tiga tahun kemudian menjadi bagian dari Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Kota kuno Perperikon

Penggalian di Pegunungan Rhodope pada tahun 2000 mengungkapkan seluruh kota kuno dengan istana dan altar besar untuk ritual anggur kuno. Pekerjaan lebih lanjut di tempat menemukan sebuah gereja abad ke-5. Saat ini Anda dapat berjalan-jalan di sekitar kota kuno dan menemukan sendiri lapisan sejarah yang dibangun satu sama lain.

Ibukota Thracia kuno, Seuthopolis

Raja Thracian Seuthes III memerintah Kerajaan Odrysian pada abad ke-4 Masehi. Sekitar tahun 325 M ia mulai membangun ibu kota baru yang dinamai menurut namanya sendiri, Seuthopolis, dengan istana kerajaan dan tempat perlindungan. Kota itu ditemukan selama pembangunan Waduk Koprinka dan artefak-artefaknya dibawa pergi. Diputuskan, bagaimanapun, bahwa pembangunan waduk harus dilanjutkan dan sekarang kota kuno terletak di dasar waduk.

Serdica Kuno di jantung Sofia

Telah diketahui selama lebih dari 140 tahun bahwa di bawah Sofia saat ini, sisa-sisa kota Romawi kuno Ulpia Serdica terletak. Penggalian arkeologi utama, bagaimanapun, dimulai setelah pemboman Sofia selama Perang Dunia II.

Hari ini Anda dapat melihat beberapa bangunan dan jalan Serdica antara Kepresidenan dan pusat perdagangan TSUM (ЦУМ) di jantung kota Sofia, dekat air mancur air mineral di seberang Masjid, dan di dekat Katedral Katolik. Roman Emperor Konstantinus Agung menghabiskan banyak waktu di Serdica terkenal mengatakan “Serdica adalah Roma saya”.

Teater Romawi Plovdiv

Selama bertahun-tahun, tempat Teater Romawi Kuno di Plovdiv berada saat ini adalah halaman sekolah tempat anak-anak biasa bermain hingga tahun 1960-an ketika penggalian dilakukan. Teater ini dapat menampung hingga 7000 tamu dan digunakan baik sebagai teater maupun sebagai tempat berkumpulnya keluarga bangsawan setempat untuk membahas masalah politik. Saat ini, teater digunakan untuk pertunjukan terbuka di musim panas dan merupakan museum terbuka yang dapat dikunjungi kapan saja.

Forum Augusta Traiana Stara Zagora

Pada tahun 106 M, Kaisar Marcus Ulpius Traianus memberikan namanya ke kota, Stara Zagora, bersama dengan hak negara kota yang memenuhi syarat untuk mencetak koin perunggunya sendiri. Pada saat itu, Augusta Traiana adalah kota terbesar kedua di provinsi Romawi Thrace, setelah Philippopolis (sekarang Plovdiv). Banyak bangunan baru dibangun pada waktu itu, termasuk forum yang ditemukan selama pekerjaan konstruksi dan berfungsi sebagai museum terbuka dan panggung teater musim panas.

15 Penemuan Arkeologi Buatan Yang Ada di Bulgaria

Cagar alam megalit Begliktash

Orang Thracia memiliki serangkaian ritual canggih yang berhubungan dengan penyembahan Matahari. Begliktash adalah salah satu tempat suci Thracian yang paling terkenal, yang terletak 5 km dari kota tepi laut Primorsko.

Itu ditemukan lebih dari satu abad yang lalu tetapi untuk waktu yang lama tidak dapat diakses karena itu adalah bagian dari properti seorang pemimpin komunis. Batu-batu besar itu terbentuk secara alami dan tersusun secara alami, tetapi beberapa di antaranya telah diukir untuk ritual keagamaan oleh orang Thracia.