10 Hal Terbaik Untuk Dilakukan di Sofia, Bulgaria
saedinenie

10 Hal Terbaik Untuk Dilakukan di Sofia, Bulgaria

10 Hal Terbaik Untuk Dilakukan di Sofia, Bulgaria – Dengan masa lalu yang berakar pada tradisi Ottoman dan perjuangan Sosialis, narasi Bulgaria menceritakan kisah penuh warna tentang konflik, ketabahan, dan ketekunan, di mana ibu kota Sofia muncul sebagai pusat energi dan kekayaan budaya yang berkilau.

Menawarkan banyak galeri menarik, museum, taman, dan tempat hiburan malam, belum pernah ada waktu yang lebih baik untuk mengunjungi kota ini, yang saat ini berdiri sebagai pemukiman tertua kedua di Eropa. Tujuan yang menarik dan atmosfer, inilah daftar 10 hal terbaik untuk dilihat dan dilakukan di Sofia.

10 Hal Terbaik Untuk Dilakukan di Sofia, Bulgaria

Istana Kebudayaan Nasional

Didirikan pada tahun 1981 sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-1300 negara bagian Bulgaria, Istana Kebudayaan Nasional di jantung pusat kota adalah pemandangan yang mencolok untuk dilihat dengan sendirinya. Bangunan heksagonal yang luas ini sebagian besar terbuat dari rumput dan beton, dan dirancang oleh arsitek Bulgaria terkemuka Alexander Georgiev Barov, seorang seniman yang karyanya produktif selama era komunis Bulgaria.

Saat ini bangunan dan taman di sekitarnya bertindak sebagai contoh menarik dari arsitektur sosialis di masa lalu, dengan estetika yang ramping dan minimalis, garis-garis geometris yang keras dan ukuran yang mengesankan, semuanya berkontribusi pada makna artistik historisnya.

Sebagai pusat konferensi terbesar di Eropa, istana ini menjadi tuan rumah bagi sejumlah acara menarik, mulai dari pameran seni hingga konser musik, yang berarti bahwa pengunjung pasti dapat menangkap sesuatu yang menarik selama kunjungan mereka. Ribuan pameran dan pertunjukan dipamerkan di sini sepanjang tahun.

Taman Borislova Gradina

Lampu-lampu terang, gedung-gedung tinggi dan jalan-jalan Sofia yang ramai kadang-kadang bisa membuatnya tampak seperti hutan beton; melakukan perjalanan ke Borislova Gradina Park untuk menghirup udara segar dan ketenangan di pusat kota. Dibangun pada tahun 1884 dan dinamai Boris III dari Bulgaria, taman ini dibagi menjadi tiga bagian.

Setiap bagian dirancang oleh tukang kebun yang berbeda dan sukses: Joseph Frei, Georgi Duhtev dan Daniel Neff. Termasuk sejumlah ruang hijau yang damai dan pembibitan pohon, serta danau teratai airnya yang terkenal memikat, taman ini adalah tempat yang menawan untuk menikmati keindahan alam Bulgaria.

Bagi pecinta sejarah dan arsitektur, taman ini juga merupakan rumah bagi Menara TV Borisova Gradina, sebuah bangunan 14 lantai yang mengesankan yang berfungsi sebagai markas untuk siaran Televisi Nasional Bulgaria pertama pada tahun 1959.

Kedai Pod Lipite

Salah satu restoran dan bar tertua di Sofia, Pod Lipite Tavern adalah pub pedesaan yang berdiri sejak tahun 1926, yang pernah menjadi tempat favorit tokoh-tokoh Bulgaria terkemuka seperti aktris Elena Snezhina dan penulis Angel Karaliychev.

Menciptakan hidangan Bulgaria rumahan yang lezat dengan bahan-bahan yang bersumber dari daging dan peternakan sapi perah restoran itu sendiri, Pod Lipite adalah cita rasa asli masakan Bulgaria, dan menggunakan resep tradisional dan metode memasak.

Memasuki restoran itu sendiri terasa seperti melangkah kembali ke masa lalu, dengan dinding batu, perapian batu bata, dan balok kayu yang membangkitkan pesona pedesaan yang sederhana yang menghapus semua jejak modernitas yang sibuk. Benar-benar tempat teratas di Sofia, makan di Pod Lipite adalah salah satu yang harus diingat, tidak hanya karena rasa aslinya tetapi juga karena suasana, sejarah, dan gayanya yang unik.

Katedral Alexander Nevsky

Pernah menjadi salah satu gereja Ortodoks Timur terbesar di dunia, Katedral Alexander Nevsky dibangun dengan gaya Neo-Bizantium yang indah dan rumit, dan merupakan salah satu landmark Sofia yang paling banyak dikunjungi. Dibangun untuk menghormati St Alexander Nevsky, pangeran yang terkenal dengan kemenangan militer abad ke-13 atas Jerman dan Swedia, katedral ini meresap dalam sejarah dan merupakan simbol penting dari masa lalu Bulgaria.

Hari ini adalah Gereja Neophyte resmi Bulgaria, Simeon Nikolov Dimitrov, kepala Gereja Ortodoks Bulgaria. Ini adalah tempat yang damai dan luar biasa untuk menghabiskan beberapa saat tenang di kota. Luas, tenang, dan berhias mewah di bagian dalam, pengunjung dapat menghabiskan waktu berjam-jam menjelajahi interior megah dan leluhur yang subur yang menjadikan katedral ini begitu simbolis.

Pasar Loak Bitaka

Mereka yang ingin menemukan beberapa suvenir Sofia yang aneh dan indah tidak akan kecewa di Pasar Loak Bitaka, bazaar terbesar di wilayah ini. Menawarkan berbagai barang dagangan, mulai dari kamera dan teknologi, mainan dan jam tangan, hingga perhiasan, pakaian, dan foto-foto lama, Bitaka adalah harta karun berupa penemuan menarik.

Terletak di sebelah Katedral Aleksander Nevski di pusat kota, pasar ini adalah rumah bagi berbagai penjual, mulai dari penjual kios berpengalaman yang menawarkan peralatan makan dan dapur, hingga penduduk setempat yang menukar pernak-pernik yang ditata di atas seprai di jalan.

Pasar yang benar-benar eksentrik, eklektik, dan beragam, Bitaka buka setiap akhir pekan dari pagi hingga sore hari. Ini adalah tempat yang sangat baik untuk mengalami budaya unik Sofia, untuk bertemu orang-orang lokal dan untuk mendapatkan beberapa barang murah.

Raketa Rakia Bar

Rakia adalah minuman nasional Bulgaria yang terkenal, dengan botol buatan sendiri yang sering disajikan dengan bangga setelah setiap makan malam. Harta nasional, minuman keras yang kuat dan halus ini harus dicicipi saat berada di negara ini, dan tidak ada tempat yang lebih baik untuk menyesap selain di ibu kota yang berkembang pesat.

Rakia Rakia Bar yang terletak di pusat tidak hanya restoran populer yang menyajikan berbagai masakan lokal dan internasional, tetapi juga bar ramai yang menawarkan koleksi rakia terbaik di kota.

Dengan dekorasi yang unik dan berbagai memorabilia yang tersebar di rak, Raketa memiliki getaran yang unik dan trendi, sekaligus cerah, lapang, dan santai. Pengunjung disarankan untuk mengisi perut mereka dengan beberapa piring lezat restoran sebelum berkenalan dengan rakia; beberapa jenis roh adalah alkohol 65%.

Museum Seni Sosialis

Museum yang cukup baru ini bertujuan untuk memamerkan karya seni yang dibuat pada periode sosialis Bulgaria, menampilkan karya-karya dari beberapa pelukis dan pematung paling terkenal saat itu. Menampilkan galeri dalam ruangan dan taman patung luar ruangan, Museum Seni Sosialis berisi sejumlah pameran menarik, termasuk bintang merah yang pernah menghiasi markas Partai Sosialis di Sofia.

Ada juga sejumlah patung yang menggambarkan para pemimpin terkenal, terutama Joseph Stalin, tokoh-tokoh yang sebelumnya berjajar di jalan-jalan kota. Koleksi menarik ini berusaha untuk mencontohkan kemajuan seni yang dicapai selama perjuangan sosialis, khususnya pengembangan Realisme Sosialis, gaya yang mengagungkan nilai-nilai komunis dan berusaha untuk menghormati kelas proletariat. Tempat yang menawan dan reflektif untuk dikunjungi di jantung kota Sofia.

Taman Kambanit

Terletak tepat di luar pusat kota Sofia, di kaki gunung Vitosha yang menakjubkan, Kambanit adalah kompleks taman yang damai dengan masa lalu yang menarik. Lebih dari tiga puluh tahun yang lalu UNESCO mendeklarasikan 1979 sebagai ‘Tahun Internasional Anak’, sebuah gerakan yang diprakarsai untuk menyoroti penderitaan anak-anak di seluruh dunia.

Taman Kambanit di Sofia dengan demikian dibuat sebagai tanggapan atas inisiatif ini. Berisi 68 lonceng, masing-masing mewakili negara yang terpisah, taman ini bertujuan untuk menyatukan anak-anak dari seluruh dunia, dan menjadi tempat untuk ‘Banner of Peace’ International Children’s Assembly. Hari ini ini adalah tempat yang sangat baik bagi pengunjung untuk menjelajahi dan menikmati lansekap simbolis dan arsitektur.

Aula Berayun

Sebuah institusi Sofian yang terbukti sangat populer di kalangan penduduk setempat, Swingin’ Hall adalah klub dan bar musik live, yang menawarkan suasana yang semarak dan energik. Tempat teratas bagi pengunjung pecinta musik, para tamu memiliki kesempatan untuk mendengarkan berbagai pertunjukan musik oleh band-band lokal berbakat.

Pendirian ini didedikasikan untuk mempromosikan bakat lokal dan menyediakan malam yang meriah bagi pelanggannya. Tetap sesuai dengan namanya, aula Swingin menyelenggarakan malam ayunan reguler untuk penari dari semua kemampuan, di mana para groover dapat melatih gerakan mereka, bertemu orang baru, dan menikmati kehidupan malam Sofia.

Santai dan bersahaja dengan desain interior yang unik, Swingin’ Hall adalah tempat tari dan musik dinamis yang menyajikan sejumlah bir, anggur, dan minuman beralkohol internasional. Ada juga berbagai minuman ringan dan mocktail untuk non-peminum yang haus.

Museum Sejarah Nasional

Memamerkan sejumlah barang antik dari lebih dari 8.000 tahun yang lalu, pengunjung di Museum Sejarah Nasional dapat menghabiskan waktu berjam-jam mempelajari kisah orang Bulgaria, dan menemukan peninggalan yang mereka tinggalkan.

10 Hal Terbaik Untuk Dilakukan di Sofia, Bulgaria

Terpisah menjadi lima aula, yang masing-masing mewakili era sejarah yang berbeda, para tamu dapat mengagumi tembikar Abad Pertengahan sebelum berkeliaran di sebelahnya dan mengamati berbagai hadiah pemakaman hias dari Kekaisaran Bulgaria kedua.

Dengan sejarah Bulgaria termasuk peristiwa penting seperti kekuasaan Ottoman (1396 – 1878) dan Kebangkitan Nasional Bulgaria pada abad ke-18, tidak ada kekurangan informasi menarik untuk ditemukan di museum. Perjalanan ke sini menjadi salah satu hari paling budaya dan menarik di Sofia.